Public Speaking (Berbicara Di Depan Umum)




DikRust.com- Public Speaking merupakan salah kegiatan berbicara di depan umum. Banyak orang yang tak tahu, bagaimana caranya berbicara di depan umum. Bahkan tak sedikit yang mempermalukan dirinya sendiri karena tak bisa berbicara di depan umum. 

Pada hari Sabtu, 21 April 2018, saya mendapat ilmu yang sangat bermanfaat mengenai Public Speaking dari salah seorang tokoh motivator yang luar biasa hebat. Beliau adalah Kak Agil.Set. Berikut saya merangkumnya dalam artikel ini.

A. Pengertian Public Speaking


Menurut Webster’s Third New International Dictionary, tercantum pengertian Public Speaking adalah:

  • The act of process of making speeches in public (proses memberikan pidato di depan publik)
  • The art of science of effective oral communication with an audience (seni dari ilmu berkomunikasi lisan yang efektif bersama para pendengarnya).


Menurut David Zarefsky, dalam Public Speaking Strategic for Success;

 “Public speaking is a continuous communication process in which messages and signals circulate back and forth between speaker and listeners.” 

Mudahnya dapat diartikan: Public Speaking adalah sebuah proses komunikasi berkelanjutan, di mana pesan, simbol (komunikasi) (dan makna, ed; tambahan penulis) terus berinteraksi, antara pembicara dan para pendengarnya.

Sedangkan menurut Ys. Gunadi dalam Himpunan Istilah Komunikasi: 
Public Speaking adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang suatu hal atau topik di hadapan banyak orang. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi, mengubah opini, mengajar, mendidik, memberikan penjelasan serta memberikan informasi kepada masyarakat tertentu pada suatu tempat tertentu.

Karena sifatnya yang dinamis, maka Public Speaking juga dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas yang sangat dekat dengan asosiasi kata perubahan (change). Melalui Public Speaking, kita dapat mengetahui pola pemikiran dari seseorang, mengetahui gagasan masa depan seseorang, dan ide-ide luar biasanya. Kita juga dapat mengetahui perubahan seperti apa yang digagas atau direncanakan seseorang.

Public Speaking merupakan sebuah rumpun keluarga Ilmu Komunikasi (Retorika) yang mencakup berdiskusi, berdebat, pidato, memimpin rapat, moderator, MC, dan presenter serta kemampuan seseorang untuk dapat berbicara di depan publik, kelompok maupun perseorangan yang perlu menggunakan strategi dan teknik berbicara yang tepat.

B. Hukum Pareto


Hukum pareto mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian orang. Hukum pareto menyebutkan, dimana usaha kita harus fokus pada 20% dan 80% nya itu adalah hasil. Jadi, kita harus fokus pada 20% kelebihan kita. Contoh nya Muhammad Ali, dia fokus pada bidangnya sebagai petinju, sehingga banyak orang yang mengenalnya sebagai petinju bukan pesepak bola. 

JANGAN mengira bahwa diri kita tak mempunyai kelebihan apapun. Ingat, jangankan manusia, hewan pun mempunyai kelebihannya masing-masing apalagi manusia. Bukankah sudah tertera jelas dalam Al-Qur'an Surat At-Tiin ayat 4 yang menyebutkan bahwa manusia merupakan bentuk sebaik-baiknya?

"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya"
Q.S At-Tiin : 4


FOKUS pada 20% KELEBIHAN kita.


Untuk memulai menerapkan bagaimana cara mengetahui Kelebihan yang kita miliki, coba tulis 5 hal yang paling kita senangi dalam sebuah kertas lalu tempelkan di kamar mu.

Berikut contohnya.

"Kelebihan Saya adalah...

  1. Saya senang mendesain website
  2. Saya senang memasak
  3. Saya senang membaca sastra seperti puisi. cerpen ataupun novel
  4. Saya senang berbicara di depan umum
  5. Saya senang memotivasi orang lain.

Setelah selesai, tulis kalimat berikut di ujung tulisan kita.


 ".Dengan kelebihan yang saya miliki, saya akan fokus mengembangkannya"


C. Faktor yang Memengaruhi Kesuksesan

Menurut Prof Richard Wiseman, ada beberapa faktor yang memengaruhi kesuksesan kita, selain takdir atau kuasa Allah SWT., yaitu pemikiran kita sendiri.

Ketika kita berfikir positif, maka hasil yang akan dapatkan hal yang positif pula. Begitupun sebaliknya.  Kebanyakan orang-orang sukses adalah mereka yang selalu berfikir positif dalam hidupnya.


D. Visi Sukses


Visi merupakan hal yang sangat penting untuk kesuksesan kita di masa depan. Allah SWT pun telah memerintahkan kita untuk memikirkan masa yang akan datang, sesuai dengan Q.S Al-Hasyr : 18. Untuk hidup sukses, kita harus mempunyai visi agar dapat mencapai kesuksesan tersebut. Salah satu rumus yang bisa kita gunakan adalah rumus SMART.

  • Spesifik (Spesifik)
    Maksudnya, apa yang ingin kita rencanakan untuk kesuksesan kita harus jelas dan spesifik. Misalnya, kita ingin sukses, ingin sukses dalam bidang apa?
  • Measurable (Terukur)
    Maksudnya, kita bisa menentukan pengukuran terhadap apa yang kita cita-cita kan.
  • Achievable (Dapat Diraih)
    Jadi, apa yang kita cita-cita kan mampu untuk kita raih.
  • Reliable (Andal)
    Maksudnya kita harus menentukan  visi sukses kita sesuai dengan kelebihan yang kita miliki.
  • Timebound (Dibatasi Waktu)
    Visi yang kita buat harus jelas batas waktunya. Semisal, saya harus sukses mmenjadi seorang bussines man pada usia 27 tahaun. 

E. Berbicara Berpengaruh


Setelah kita berani berbicara di depan umum, tentunya kita ingin apa yang kita bicarakan berpengaruh terhadap orang lain. Tidak semua hal yang kita bicarakan akan memengaruhi. Namun ada beberapa hal yang bisa kita pelajari mengenai ini. Kita harus mengetahui rumus STIFIn.

  1. Sensing
  2. Thinking
  3. Intuiting
  4. Feeling
  5. Insting


F. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Berbicara Didepan Umum


  1. Bahasa Tubuh
    1.1 Tatapan Mata
    1.2 Gerakan Tangan
    1.3 Ekspresi Wajah
  2. Olah Vokal
    2.1 Volume Besar Kecil
    2.2 Intonasi
    2.3 Tempo
  3. Media



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Public Speaking (Berbicara Di Depan Umum)"

Posting Komentar